Binatang/Binatang Peliharaan/Kucing
| Media Teknologi Interaktif | : Video pembelajaran interaktif | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) | : | ||||||
|
1.
Anak-anak berbaris sebelum masuk kelas sambil bernyanyi
“tangan ke atas menggapai bintang...” https://youtu.be/OVbGAT6WIsk?si=mjhXQ0ygMoOJIw5b 2.
Sesampai dikelas, anak duduk melingkar dan saling melihat
kelengkapan temannya (apakah ada yang tidak masuk?) 3.
Anak berdoa awal pelajaran dan mendoakan temannya yang
tidak masuk karena sedang sakit 4. Guru menayangkan video tentang kucing 5. Guru mengajak anak bernyanyi sambil menirukan gerakan yang ada di video Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk berdiskusi dengan anak-anak : 1. Siapa yang pernah memelihara kucing? |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) | : | ||||||
|
1. Bermain bebas 2. berdoa sebelum makan 3. Makan bersama 3. berdoa sesudah makan |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) | : | ||||||
|
1. Guru menyediakan video dan gambar kucing https://youtu.be/HsMzX35Lk94?si=GNGudGdkEmMNIrGA 2. Guru dan Anak menyanyikan lagu kucing 3. Anak menirukan gerak tubuh dan suara kucing 4. Anak menganilisis ciri-ciri kucing 5. Anak menulis dan menyebutkan huruf k-u-c-i-n-g 6. Guru Bercerita tentang “kucing kelaparan” dan mengajak Anak untuk menganalisis 7. Anak mengambar dan menyusun bagian wajah kucing Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk berdiskusi dengan anak-anak : 1. Bagaimana ciri-ciri kucing yang sehat? 2. Apa saja cara merawat kucing? |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) | : | ||||||
|
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : anak terbiasa memelihara hewannya dengan baik | ||||||
| 2 | : anak menunjukkan suaranya melalui kegiatan bernyanyi bersama dengan semangat | ||||||
| 3 | : anak menyebutkan ciri-ciri kucing dengan tepat | ||||||
| 4 | : anak dapat mengendalikan jari-jari tangan saat menggunting, mengelem dan menyusun gambar bagian wajah kucing dengan terampil | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||