| Media Teknologi Interaktif |
: Video pembelajaran interaktif |
| Tujuan Pembelajaran |
: |
- Anak menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan teman dan orang-orang disekitarnya (bertanya, menjawab pertanyaan, bercerita) yang difasilitasi media teknologi.
- Anak menunjukkan kemampuan mengurutkan benda atau objek dari beberapa unsur yaitu ; Gradasi warna (terang -gelap), Ukuran (rendah – tinggi), Ukuran (ringan – berat), Ukuran (kecil – besar), Ukuran (volume suara lembut – volume suara nyaring), Kejadian/peristiwa (misal; metamorfosis kupu-kupu, terbit terbenam matahari, bertumbuhnya tanaman dll) yang difasilitasi media teknologi.
|
| Model Pembelajaran |
: Media/Bahan Main Lainnya |
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) |
: |
- Guru mengajak anak berbaris seperti kereta api untuk memasuki kelas
- Anak duduk dan melihat sekelilingnya apakah ada teman yang tidak masuk
- Berdoa ketika memulai pembelajaran dengan dipimpin oleh salah satu anak
- Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai bagaimana kondisi langit saat ini, apakah jika malam hari terdapat bulan dan bintang?
- Guru mengajak anak menyanyikan lagu bintang kecil
- Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai
- Guru menyampaikan aturan bermain yang akan dilaukan pada kegiatan hari ini
|
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) |
: |
- anak mencuci tangan sebelum makan
- anak berdoa bersama sebelum makan
- anak makan bersama bekal yang telah dibawa dari rumah
- anak berdoa setelah selesai makan
- anak mencuci tangan setelah makan
- anak bermain bebas
|
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) |
: |
- guru mengajak anak berdiskusi mengenai benda apa saja yang terdapat dilangit
- guru menayangkan video terkait benda benda langit
- guru memberikan pertanyaan pemantik berupa, apa hal menarik dari video yang baru di tonton? siapa yang suka melihat bintang?, apa warna awan saat cuaca cerah?
- guru mengarahkan anak untuk berkelompok
- guru mengajak anak mengurutkan gambar benda benda langit seperti bulan dan bintang sesuai dengan ukurannya
- guru mengajak anak membuat huruf dari plastisin dan menyusunya menjadi sebuah kata B-U-L-A-N atau B-I-N-T-A-N-G
- guru mengajak anak untuk membuat bintang menggunakan stik eskrim dan lem
- anak secara bergantian maju ke depan untuk menunjukkan hasil karyanya dan menceritakan pengalaman mereka saat melihat bulan atau bintang
|
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) |
: |
- refleksi dengan guru menanyakan kepada anak tentang bagaimana kegiatan anak hari ini
- guru memberikan kertas ekspresi yang menunjukkan perasaan anak setelah melakukan kegiatan hari ini
- anak menceritakan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan anak pada hari ini
- guru memberikan apresiasi kepada anak atas kegiatan hari ini
- guru memberikan pesan moral untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
- guru melaksanakan tindak lanjut dengan apa yang ingin dilakukan selanjutnya saat bermain disekolah
- anak berdoa mengakhiri pelajaran
- anak berkemas dan bersiap pulang
|
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) |
: |
|
|
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) |
: |
|
|
| Asesment Pembelajaran |
|
| Ceklist Penilaian |
: |
| 1 |
: anak terbiasa mengucap syukur kepada tuhan yang maha esa melalui ciptaan nya |
| 2 |
: anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar |
| 3 |
: anak terbiasa bersikap santun dan sopan selama melakukan kegiatan dan bermain di kelas |
| 4 |
: anak lancar menyanyikan lagu bintang kecil |
| Catatan Anekdot |
|
| Aspek yang Diamati |
Teramati |
Belum Teramati |
|
|
|
|
|
| Hasil Karya |
: foto |
| Foto Berseri |
: foto |