#

Jelajah

SIMP3AUD

Alam Semesta/Benda Langit

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Interaktif

Media Teknologi Interaktif : Video pembelajaran interaktif
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan teman dan orang-orang disekitarnya (bertanya, menjawab pertanyaan, bercerita) yang difasilitasi media teknologi.
  2. Anak menunjukkan kemampuan mengurutkan benda atau objek dari beberapa unsur yaitu ; Gradasi warna (terang -gelap), Ukuran (rendah – tinggi), Ukuran (ringan – berat), Ukuran (kecil – besar), Ukuran (volume suara lembut – volume suara nyaring), Kejadian/peristiwa (misal; metamorfosis kupu-kupu, terbit terbenam matahari, bertumbuhnya tanaman dll) yang difasilitasi media teknologi.
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) :
  1. Guru mengajak anak berbaris seperti kereta api untuk memasuki kelas
  2. Anak duduk dan melihat sekelilingnya apakah ada teman yang tidak masuk
  3. Berdoa ketika memulai pembelajaran dengan dipimpin oleh salah satu anak
  4. Guru melakukan kegiatan tanya jawab mengenai bagaimana kondisi langit saat ini, apakah jika malam hari terdapat bulan dan bintang?
  5. Guru mengajak anak menyanyikan lagu bintang kecil
  6. Guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai
  7. Guru menyampaikan aturan bermain yang akan dilaukan pada kegiatan hari ini
Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (15 Menit) :
  1. anak mencuci tangan sebelum makan
  2. anak berdoa bersama sebelum makan
  3. anak makan bersama bekal yang telah dibawa dari rumah
  4. anak berdoa setelah selesai makan
  5. anak mencuci tangan setelah makan
  6. anak bermain bebas
Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) :
  1. guru mengajak anak berdiskusi mengenai benda apa saja yang terdapat dilangit
  2. guru menayangkan video terkait benda benda langit
  3. guru memberikan pertanyaan pemantik berupa, apa hal menarik dari video yang baru di tonton? siapa yang suka melihat bintang?, apa warna awan saat cuaca cerah?
  4. guru mengarahkan anak untuk berkelompok
  5. guru mengajak anak mengurutkan gambar benda benda langit seperti bulan dan bintang sesuai dengan ukurannya
  6. guru mengajak anak membuat huruf dari plastisin dan menyusunya menjadi sebuah kata B-U-L-A-N atau B-I-N-T-A-N-G
  7. guru mengajak anak untuk membuat bintang menggunakan stik eskrim dan lem
  8. anak secara bergantian maju ke depan untuk menunjukkan hasil karyanya dan menceritakan pengalaman mereka saat melihat bulan atau bintang
Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :
  1. refleksi dengan guru menanyakan kepada anak tentang bagaimana kegiatan anak hari ini
  2. guru memberikan kertas ekspresi yang menunjukkan perasaan anak setelah melakukan kegiatan hari ini
  3. anak menceritakan kegiatan apa saja yang sudah dilakukan anak pada hari ini
  4. guru memberikan apresiasi kepada anak atas kegiatan hari ini
  5. guru memberikan pesan moral untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
  6. guru melaksanakan tindak lanjut dengan apa yang ingin dilakukan selanjutnya saat bermain disekolah
  7. anak berdoa mengakhiri pelajaran
  8. anak berkemas dan bersiap pulang


Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak terbiasa mengucap syukur kepada tuhan yang maha esa melalui ciptaan nya
2 : anak terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar
3 : anak terbiasa bersikap santun dan sopan selama melakukan kegiatan dan bermain di kelas
4 : anak lancar menyanyikan lagu bintang kecil
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto