#

Jelajah

SIMP3AUD

Aku sayang bumi/Lingkungan/Ayo memilah sampah

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Non-interaktif

Media Teknologi Non-interaktif : Video pembelajaran
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan teman dan orang-orang disekitarnya (bertanya, menjawab pertanyaan, bercerita) yang difasilitasi media teknologi
  2. Anak menunjukkan kemampuan membandingkan benda atau objek dari beberapa unsur yaitu ; Warna, Ukuran (panjang pendek/ tebal tipis/ besar kecil), Bentuk, Model, Jumlah, Tekstur dan Sifat benda (tenggelam, terapung, mengambang) yang difasilitasi media teknologi
  3. Anak menunjukkan kemampuan dalam menyelidiki kejadian atau sifat benda-benda di sekitar anak yang difasilitasi media teknologi
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (15 Menit) :
  1. Ketua kelas memimpin doa, lalu guru bertanya kepada anak-anak tentang siapa saja yang tidak masuk hari ini 
  2. Guru bertanya pada anak-anak, “Dimana kita biasa membuang sampah?”, “Apa yang terjadi jika kita membuah sampah tidak pada tempatnya?” (apersepsi) 
  3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (penyampaian tujuan) 
  4. Guru dan anak-anak menyepakati aturan permainan (penyepakatan aturan permainan) 
Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (30 Menit) :
  1. Guru mengajak anak untuk mencuci tangan secara bergantian
  2. Anak duduk membuat kelompok besar untuk makan bersama
  3. Anak dapat bermain di tempat bermain selama masih anak waktu istirahat
  4. Ice breaking sebelum kelas dimulai
Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (45 Menit) :
  1. Guru memperlihatkan foto sampah berserakan dan lingkungan yang kotor
  2. Guru menayangkan video animasi “Kita Bisa Menjaga Lingkungan” https://youtu.be/bDjoHncnSFg?si=eXRKYsZpMR_sFf9g
  3. Guru bertanya tentang peristiwa yang terjadi, “apa yang bisa kita lakukan sekarang?”
  4. Guru melakukan sesi diskusi tentang jenis sampah organik dan anorganik dengan siswa
  5. Guru menyiapkan APE berupa papan untuk sampah organik dan anorganik (kertas serat plastik dan kaleng)
  6. Anak mewarnai kertas bergambar yang dibelakangnya telah dilapisi sterofoam
  7. Anak menempel sampah berdasarkan jenisnya ke papan sampah yang disiapkan oleh guru secara mandiri
  8. Anak maju secara bergiliran membawa hasil karya dan menyebutkan sampah yang telah dipilah
Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (15 Menit) :
  1. Guru mengulang apa yang telah dipelajari secara singkat dan memberikan pesan moral agar kita membang sampah sesuai jenisnya agar mudah diolah (refleksi dan pesan moral) 
  2. Guru menyarankan agar anak-anak membuat karya lain yang lebih kreatif (tindak lanjut) 
  3. Ketua kelas memimpin doa setelah pembelajaran 
Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : bb (belum berkembang)
2 : mb (mulai berkembang)
3 : bsh (berkembang sesuai harapan)
4 : bsb (berkembang sangat baik)
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Catatan pendek saat guru mengobservasi perilaku anak.
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : null