#

Jelajah

SIMP3AUD

Binatang

Rancangan Integrasi Teknologi
Alat Teknologi

Alat Teknologi : Komputer
Tujuan Pembelajaran :
  1. Praktik penggunaan komputer secara kooperatif dan kolaboratif bersama teman sebaya, anggota keluarga, dan lainnya.
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) :

● Anak berbaris dengan rapi di depan kelas.

● Anak berdoa sebelum memulai pembelajaran.

● Anak melakukan absensi dengan bernyanyi “kalau kau suka hati”

● Guru menanyakan kepada anak mengenai pembahasan ikan secara general di

sekitar anak (Apersepsi). “siapa yang punya ikan di rumah?” “ikan apa saja

yang ada di rumah?”

● Anak mendengarkan penjelasan guru terkait tujuan kegiatan hari ini.

● Guru dan anak menyepakati aturan kegiatan hari ini.

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (10 Menit) :
  • cuci tangan 
  • berdoa sebelum makan
  • makan 
  • cuci tangan setelah makan
Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) :

Anak menirukan lagu tentang ikan dengan  menggunakan video

VIDEO TENTANG IKAN

● Anak melihat gambar tempat tinggal ikan dan membandingkannya (tempat

tinggal atau habitat layak dan tidak layak, gambar kolam yang surut, ikan mati)

● Anak bersama guru melakukan diskusi tentang “macam-macam ikan”

- Apa makanan ikan ?

- Dimana ikan dapat bertahan hidup ?

- Apakah kamu pernah memberi makan ikan?

- Siapa yang menciptakan ikan ?

- Mengapa ikan harus diberi makan secara teratur ?

- Bagaimana cara kamu memelihara ikan?

● Anak bermain game interaktif tentang ikan di komputer

● Anak membuat kelompok yang berbentuk 3 anggota per kelompok.

● Anak membuat project habitat ikan dari loosepart secara berkelompok, dari

permasalahan yang mereka temukan secara kreatif.

● Anak menceritakan hasil karya kelompok.

● Guru memberikan penguatan hasil karya, pujian, dan saran kepada

masing-masing kelompok.

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (20 Menit) :

● Anak secara bergiliran mengungkapkan perasaan belajar hari ini.

● Anak secara bergiliran mengutarakan kendala yang dialami dalam

pembelajaran hari ini.

● Guru memberikan pesan moral agar anak menjaga dan merawat ciptaan tuhan.

● Guru menyarankan agar di rumah anak dapat membuat karya yang lebih kreatif

dan bisa dipajang di rumah.

● Anak berdoa bersama sebelum pulang.

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak mampu memahami instruksisederhana
2 : anak mampu mengontrol dan mengelola emosi
3 : anak menunjukkan minat dan bakat
4 : anak mampu memecahkan permasalahan
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto