 
            
                                 
                             
Binatang
| Alat Teknologi | : Komputer | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
| 
 | |||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) | : | ||||||
| ● Anak berbaris dengan rapi di depan kelas. ● Anak berdoa sebelum memulai pembelajaran. ● Anak melakukan absensi dengan bernyanyi “kalau kau suka hati” ● Guru menanyakan kepada anak mengenai pembahasan ikan secara general di sekitar anak (Apersepsi). “siapa yang punya ikan di rumah?” “ikan apa saja yang ada di rumah?” ● Anak mendengarkan penjelasan guru terkait tujuan kegiatan hari ini. ● Guru dan anak menyepakati aturan kegiatan hari ini. | |||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (10 Menit) | : | ||||||
| 
 | |||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) | : | ||||||
| Anak menirukan lagu tentang ikan dengan menggunakan video ● Anak melihat gambar tempat tinggal ikan dan membandingkannya (tempat tinggal atau habitat layak dan tidak layak, gambar kolam yang surut, ikan mati) ● Anak bersama guru melakukan diskusi tentang “macam-macam ikan” - Apa makanan ikan ? - Dimana ikan dapat bertahan hidup ? - Apakah kamu pernah memberi makan ikan? - Siapa yang menciptakan ikan ? - Mengapa ikan harus diberi makan secara teratur ? - Bagaimana cara kamu memelihara ikan? ● Anak bermain game interaktif tentang ikan di komputer ● Anak membuat kelompok yang berbentuk 3 anggota per kelompok. ● Anak membuat project habitat ikan dari loosepart secara berkelompok, dari permasalahan yang mereka temukan secara kreatif. ● Anak menceritakan hasil karya kelompok. ● Guru memberikan penguatan hasil karya, pujian, dan saran kepada masing-masing kelompok. | |||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (20 Menit) | : | ||||||
| ● Anak secara bergiliran mengungkapkan perasaan belajar hari ini. ● Anak secara bergiliran mengutarakan kendala yang dialami dalam pembelajaran hari ini. ● Guru memberikan pesan moral agar anak menjaga dan merawat ciptaan tuhan. ● Guru menyarankan agar di rumah anak dapat membuat karya yang lebih kreatif dan bisa dipajang di rumah. ● Anak berdoa bersama sebelum pulang. | |||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : anak mampu memahami instruksisederhana | ||||||
| 2 | : anak mampu mengontrol dan mengelola emosi | ||||||
| 3 | : anak menunjukkan minat dan bakat | ||||||
| 4 | : anak mampu memecahkan permasalahan | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
| 
 | |||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||