| Alat Teknologi |
: Komputer |
| Tujuan Pembelajaran |
: |
- Praktik penggunaan komputer secara kooperatif dan kolaboratif bersama teman sebaya, anggota keluarga, dan lainnya.
|
| Model Pembelajaran |
: Media/Bahan Main Lainnya |
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) |
: |
- Anak berbaris dengan rapi di depan kelas.
- Anak berdoa sebelum memulai pembelajaran.
- Anak melakukan absensi dengan bernyanyi “kalau kau suka hati”
- Guru menanyakan kepada anak mengenai pembahasan ikan secara general di sekitar anak (Apersepsi). “siapa yang punya ikan di rumah?” “ikan apa saja yang ada di rumah?”
- Anak mendengarkan penjelasan guru terkait tujuan kegiatan hari ini.
- Guru dan anak menyepakati aturan kegiatan hari ini.
|
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (10 Menit) |
: |
- cuci tangan sebelum makan
- berdoa sebelum makan
- makan
- cuci tangan setelah makan
- berdoa setelah makan
|
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) |
: |
- Anak menirukan lagu tentang ikan dengan menggunakan video
- Video tentang ikan
- Anak melihat gambar tempat tinggal ikan dan membandingkannya (tempat tinggal atau habitat layak dan tidak layak, gambar kolam yang surut, ikan mati)
- Anak bersama guru melakukan diskusi tentang “macam-macam ikan"
- - Apa makanan ikan ?
- - Dimana ikan dapat bertahan hidup ?
- - Apakah kamu pernah memberi makan ikan?
- - Siapa yang menciptakan ikan ?
- - Mengapa ikan harus diberi makan secara teratur ?
- - Bagaimana cara kamu memelihara ikan?
- Anak membuat kelompok yang berbentuk 3 anggota per kelompok.
- anak bermain bersama game interaktif yang ada di komputer
- Anak membuat project habitat ikan dari loosepart secara berkelompok, dari permasalahan yang mereka temukan secara kreatif.
- Anak menceritakan hasil karya kelompok.
- Guru memberikan penguatan hasil karya, pujian, dan saran kepada masing-masing kelompok.
|
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (20 Menit) |
: |
- Anak secara bergiliran mengungkapkan perasaan belajar hari ini.
- Anak secara bergiliran mengutarakan kendala yang dialami dalam pembelajaran hari ini.
- Guru memberikan pesan moral agar anak menjaga dan merawat ciptaan tuhan.
- Guru menyarankan agar di rumah anak dapat membuat karya yang lebih kreatif dan bisa dipajang di rumah.
- Anak berdoa bersama sebelum pulang.
|
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) |
: |
|
|
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) |
: |
|
|
| Asesment Pembelajaran |
|
| Ceklist Penilaian |
: |
| 1 |
: anak melakukan kegiatan secara mandiri, tuntas dan dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang ditetapkan |
| 2 |
: anak melakukan kegiatan secara mandiri, tuntas, konsisten tanpa harus diingatkan oleh guru |
| 3 |
: anak mau melakukan kegiatan dengan banyak bantuan/ harus diingatkan oleh guru |
| 4 |
: anak tidak mau melakukan kegiatan walaupun dengan bimbingan/ dicontohkan oleh guru |
| Catatan Anekdot |
|
| Aspek yang Diamati |
Teramati |
Belum Teramati |
|
|
|
|
|
| Hasil Karya |
: foto |
| Foto Berseri |
: foto |