#

Jelajah

SIMP3AUD

Binatang

Rancangan Integrasi Teknologi
Alat Teknologi

Alat Teknologi : Komputer
Tujuan Pembelajaran :
  1. Praktik penggunaan komputer secara kooperatif dan kolaboratif bersama teman sebaya, anggota keluarga, dan lainnya.
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) :
  •  Anak berbaris dengan rapi di depan kelas.
  • Anak berdoa sebelum memulai pembelajaran.
  • Anak melakukan absensi dengan bernyanyi “kalau kau suka hati”
  • Guru menanyakan kepada anak mengenai pembahasan ikan secara general di sekitar anak (Apersepsi). “siapa yang punya ikan di rumah?” “ikan apa saja yang ada di rumah?”
  • Anak mendengarkan penjelasan guru terkait tujuan kegiatan hari ini.
  • Guru dan anak menyepakati aturan kegiatan hari ini.
Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (10 Menit) :
  • cuci tangan sebelum makan
  • berdoa sebelum makan
  • makan
  • cuci tangan setelah makan
  • berdoa setelah makan
Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (60 Menit) :
  • Anak menirukan lagu tentang ikan dengan menggunakan video
  • Video tentang ikan
  • Anak melihat gambar tempat tinggal ikan dan membandingkannya (tempatinggal atau habitat layak dan tidak layak, gambar kolam yang surut, ikan mati)
  • Anak bersama guru melakukan diskusi tentang “macam-macam ikan"
  • - Apa makanan ikan ?
  • - Dimana ikan dapat bertahan hidup ?
  • - Apakah kamu pernah memberi makan ikan?
  • - Siapa yang menciptakan ikan ?
  • - Mengapa ikan harus diberi makan secara teratur ?
  • - Bagaimana cara kamu memelihara ikan?
  • Anak membuat kelompok yang berbentuk 3 anggota per kelompok.
  • anak bermain bersama game interaktif yang ada di komputer
  • Anak membuat project habitat ikan dari loosepart secara berkelompok, dari permasalahan yang mereka temukan secara kreatif.
  • Anak menceritakan hasil karya kelompok.
  • Guru memberikan penguatan hasil karya, pujian, dan saran kepada masing-masing kelompok.
Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (20 Menit) :
  •  Anak secara bergiliran mengungkapkan perasaan belajar hari ini.
  • Anak secara bergiliran mengutarakan kendala yang dialami dalam pembelajaran hari ini.
  • Guru memberikan pesan moral agar anak menjaga dan merawat ciptaan tuhan.
  • Guru menyarankan agar di rumah anak dapat membuat karya yang lebih kreatif dan bisa dipajang di rumah.
  • Anak berdoa bersama sebelum pulang.
Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : anak melakukan kegiatan secara mandiri, tuntas dan dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang ditetapkan
2 : anak melakukan kegiatan secara mandiri, tuntas, konsisten tanpa harus diingatkan oleh guru
3 : anak mau melakukan kegiatan dengan banyak bantuan/ harus diingatkan oleh guru
4 : anak tidak mau melakukan kegiatan walaupun dengan bimbingan/ dicontohkan oleh guru
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto