Kebersihan
| Media Teknologi Non-interaktif | : Film animasi | ||||||
| Tujuan Pembelajaran | : | ||||||
|
|||||||
| Model Pembelajaran | : Media/Bahan Main Lainnya | ||||||
| Tahapan Membangkitkan Minat Anak (30 Menit) | : | ||||||
|
1) Anak berdo'a sebelum melakukan pembelajaran 2) Guru melakukan presensi pada anak 3) Guru menanyakan kabar anak pada hari ini 4) Guru menanyakan tentang sampah yang sering dijumpai Pertanyaan pemantik : 1. Bagaimana jika kalian menjumpai sampah berserakan di suatu tempat? 2. Bagaimana cara membersihkan lingkungan rumah yang banyak sampah? 3. Anak menyanyikan lagu bertema kebersihan https://youtu.be/R5J5Dezs_kE?si=6iN5mBpQabpEI0mJ ( ice breaking ) 4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini 5. Anak dan guru melakukan kesepakatan aturan kegiatan |
|||||||
| Tahapan Curah Pendapat/Gagasan (30 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak berbaris rapi untuk mengantri sebelum makan 2. Anak mengambil bekal masing - masing untuk makan bersama 3. Anak berdo'a sebelum makan 4. Anak memakan bekal masing - masing 5. Setelah selesai makan, anak berdo'a setelah makan 6. Anak mencuci tangan sesudah makan 7. Anak berdo'a sesudah makan |
|||||||
| Tahapan Membentuk Kelompok Kecil (90 Menit) | : | ||||||
|
1. Anak mengamati gambar permasalahan pada gambar berikut 2. Anak menyebutkan permasalahan yang ada pada gambar tersebut 3. Anak mengamati video berikut 4. Anak melakukan tanya - jawab tentang yang terjadi dalam video 5. Anak berdiskusi terkait manfaat menjaga kebersihan lingkungan dan pemanfaatan sampah organik dan non-organik 6. Guru menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk kegiatan anak 7. Anak melakukan kegiatan membuat kerajinan dari bahan sampah organik atau non-organik (bahan dasar : daun kering dan botol bekas) 8. Anak dapat bekreasi sesuai dengan kreativitas anak dari bahan yang telah dipilih 9. Anak menceritakan hasil karya yang telah dibuat |
|||||||
| Tahapan Kegiatan Praktik Langsung (30 Menit) | : | ||||||
|
1. Guru menanyakan perasaan anak setelah pembelajaran hari ini 2. Anak bergiliran menyampaikan pengalaman belajar pada hari ini (Kegiatan Refleksi) 3. Guru menyampaikan pesan moral 4. Anak mendapatkan saran dari guru untuk mencoba membuat kerajinan lainnya dari bahan sampah organik dan non organik 5. Guru menyampaikan kegiatan belajar anak esok hari 6. Anak berkemas dan bersiap pulang 7. Anak berdo'a setelah belajar |
|||||||
| Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) | : | ||||||
| Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) | : | ||||||
| Asesment Pembelajaran | |||||||
| Ceklist Penilaian | : | ||||||
| 1 | : anak tidak berkembang | ||||||
| 2 | : anak kurang berkembang | ||||||
| 3 | : anak berkembang dengan baik | ||||||
| 4 | : anak berkembang sangat baik | ||||||
| Catatan Anekdot | |||||||
|
|||||||
| Hasil Karya | : foto | ||||||
| Foto Berseri | : foto | ||||||