#

Jelajah

SIMP3AUD

Buah Bervitamin C/Jeruk

Rancangan Integrasi Teknologi
Media Teknologi Non-interaktif

Media Teknologi Non-interaktif : Film animasi
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan teman dan orang-orang disekitarnya (bertanya, menjawab pertanyaan, bercerita) yang difasilitasi media teknologi
Model Pembelajaran : Media/Bahan Main Lainnya
Tahapan Membangkitkan Minat Anak ( Menit) :

a. Anak-anak berbaris sebelum masuk kelas sambil bernyanyi “Naik Kereta Api”
b. Sesampai di kelas, anak duduk melingkar dan saling melihat kelengkapan temannya,
guru melakukan presensi kelas sambil bernyanyi “Aku Punya 2 Mata”
c. Anak berdoa membaca surat Al-fatihah, berdoa sebelum belajar, berdoa untuk kedua
orang tua
d. Guru menanyakan kabar anak, hari dan tanggal, serta keadaan lingkungan pada saat
itu apakah cerah atau hujan (apersepsi)
e. Guru mengajak anak bernyanyi dan bertepuk (ice breaking)
f. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini

g. Guru dan anak menyepakati aturan kegiatan hari ini
- Tidak boleh berebut
- Tidak boleh usil/jail
- Tidak boleh bertengkar
- Harus menghargai dan mendengarkan guru ketika berbicara

Tahapan Curah Pendapat/Gagasan ( Menit) :

1. Secara bergiliran anak-anak mencuci tangan dengan cara yang benar
2. Anak berdoa sebelum makan secara bersama-sama
3. Anak memakan makanan yang sudah dibawa dari rumah dan meminum hasil perasan jeruk
4. Anak belajar berbagi makanan dengan teman-temannya
5. Anak membersihkan sampah-sampah di sekitarnya
6. Anak berdoa setelah makan secara bersama-sama

Tahapan Membentuk Kelompok Kecil ( Menit) :

a. Guru menanyakan kembali mengenai pembelajaran dan hasil karya dari kulit jeruk
pada pertemuan sebelumnya
b. Guru menayangkan video mengenai dampak dari kurangnya vitamin c pada tubuh.
Link video: https://youtu.be/uhOOGsMiddQ?si=mO-vT4Q5lMfcdpFp dan menayangkan vidio uji vitamin C https://youtu.be/xJBEFU9JxBU?si=ICVGM-glsF-hs5CA
c. Peserta didik berdiskusi dengan temannya setelah melihat video bersama-sama dan
diberikan pertanyaan pemantik oleh pendidik.
Pertanyaan pemantik :
- Apa yang akan terjadi jika tubuh kita kurang asupan vitamin c?
- Bagaimana caranya agar tubuh kita tidak lemas dan kulit kita kering?
- Berapa banyak minuman sachet yang mengandung vitamin C di sekitar
lingkungan kita?
d. Anak-anak diberikan waktu diskusi dengan teman-temannya mengenai hal tersebut
e. Pendidik mengajak anak untuk melakukan eksperimen dengan melakukan uji coba
vitamin c dengan 3 jenis minuman yang tinggi kadar vitamin c, sedang hingga tidak
ada kandungan vitamin c
f. Anak membuat olahan jeruk peras dari buah jeruk asli secara bergantian
g. Anak menceritakan hasil eksperimennya tersebut secara bergiliran
h. Anak memajang hasil eksperimennya dan menikmati hasil perasan jeruk Bersama
teman-teman sekelas
i. Guru memberi penguatan materi dari hasil eksperimen yang dilakukan dan
memberikan pujian dan saran melalui tanya jawab dengan anak

Tahapan Kegiatan Praktik Langsung ( Menit) :

a. Secara bergiliran anak-anak menyampaikan pengalaman belajarnya hari ini (refleksi)
b. Guru memberikan pesan moral tentang manfaat dari buah jeruk bagi tubuh
c. Guru menyarankan agar anak-anak di rumah mencoba membuat jeruk peras dan
melakukan uji coba kadar vitamin C di rumah masing-masing
d. Anak Bersama-sama berdoa akhir pelajaran
e. Anak berkemas dan bersiap untuk pulang

Tahapan Berbagi Secara Interaktif ( Menit) :
Tahapan Refleksi dan Implentasi ( Menit) :
Asesment Pembelajaran
Ceklist Penilaian :
1 : peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis buah bervitamin c, manfaat kandungan vitamin c bagi tubuh dan dampak dari kurangnya asupan vitamin c bagi tubuh
2 : peserta didik dapat mengikuti langkah- langkah untuk menguji kandungan vitamin c dengan disediakannya minuman sachet yang tinggi, sedang hingga rendah kandungan vitamin c dengan campuran betadine.
3 : anak dapat menunjukkan sikap berdiskusi dan bekerja sama dengan temannya ketika diberikan masalah sederhana dalam pembelajaran.
4 : peserta didik secara percaya diri dapat menceritakan kembali materi yang telah dipelajari dan menceritakan hasil olahan dari buah bervitamin c
Catatan Anekdot
Aspek yang Diamati Teramati Belum Teramati
Anak dapat membedakan minuman sachet buah bervitamin C sesuai dengan kadar kandungan vitamin C yang diuji terlebih dahulu menggunakan betadine serta
Hasil Karya : foto
Foto Berseri : foto